10 Tips Membuat Kartu Nama

Kartu nama dapat digunakan untuk memperkenalkan diri kita maupun bisnis kita ke orang lain. Bagi seorang pengusaha, kartu nama sangat efektif untuk memperkenalkan bisnis serta memperluas jaringan kepada banyak orang. Setelah melihat fungsi dari kartu nama yang sangat besar dan potensial, maka kita tidak boleh membuat kartu nama secara asal-asalan. Berikut ini ada beberapa tips dari kami yang mungkin dapat membantu Anda dalam membuat


1. Tentukan Tujuan Kartu Nama
Sebelum mendesain kartu nama Anda, cobalah untuk menentukan tujuan dibuatnya kartu nama. Apakah Anda hanya ingin memperkenalkan diri Anda atau bisnis Anda? Kartu nama personal/pribadi atau kartu nama bisnis?. Jika Anda telah menentukan tujuannya, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui detail/informasi apa yang harus dimasukkan ke dalam kartu nama Anda:

2. Sertakan Informasi yang Penting Saja
Jangan terlalu banyak detail informasi yang Anda cantumkan di kartu nama. Anda bisa menyertakan info yang penting-penting saja. Pastikan ada nama Anda, informasi kontak Anda (nomor ponsel, nomor fax, nomor telepon dan alamat email), alamat kantor Anda, nama perusahaan Anda dan

3. Jelaskan Bisnis Anda
Memasang nama perusahaan tidak cukup. Kartu nama harus bisa menjelaskan bisnis apa yang Anda tawarkan atau layanan apa yang Anda tawarkan mereka. Tak perlu membuat kalimat yang terlalu panjang. Buatlah kalimat atau frase yang singkat. Yang terpenting konsumen/klien tidak bingung bisnis apa yang Anda miliki. Contoh: jika Anda mempunyai toko florist, bisa memilih kalimat “Menjual Aneka Bunga”.

4. Buat Tampilan atau Desain yang Unik
Kartu nama harus didesain dengan baik dan berbeda dengan yang lain. Tentu saja, orang-orang yang Anda beri kartu nama akan senang melihat kartu nama dengan desain yang unik. Maka tak heran mereka akan selalu ingat perusahaan Anda. Ada banyak contoh desain kartu bisnis yang menarik yang bisa Anda ambil inspirasi.

5. Anda Bisa Menyertakan Foto Anda
Anda bisa menaruh foto Anda di kartu nama. Foto bisa membantu klien mengingat wajah Anda. Atau Anda bisa juga menggunakan gambar lain untuk menggambarkan jenis bisnis Anda.

6. Bandingkan Dengan Kartu Nama Lain
Sebelum Anda mencetak kartu nama, Anda bisa melihat desain kartu nama lain yang sejenis. Misalkan, Anda mempunyai jasa desain rumah, Anda bisa memandingkan detail/informasi apa yang ada di kartu nama dengan perusahaan yang sama. Dengan adanya contoh kartu nama yang sejenis, maka kita akan tahu apa yang kurang di desain kartu nama Anda dan bisa membuat detail yang lebih menarik dibandingkan dengan kartu nama yang lain.

7. Gunakan Bahan Cetak Yang Berkualitas
Anda banyak bahan kartu nama seperti art cartoon, paper jasmine, paper linen, paper bc, dan lain-lain. Pastikan bahwa bahan kartu nama sesuai dengan konsep yang Anda rancang. Anda harus mengecek tekstur, warna, dan juga

8. Gunakan Ukuran Kartu Nama yang Tepat
Gunakan ukuran kartu nama yang dapat bisa dimasukan ke dalam buku kartu nama atau dompet. Memang Anda bebas memilih ukuran kartu nama, namun jika kartu nama untuk bisnis sebaiknya sesuaikan dengan ukuran standar. Kartu nama dengan ukuran paling maksimal adalah 5.5cm x 9cm. Ini adalah ukuran kartu nama yang paling banyak digunakan.

9. Gunakan Font/Typografi yang Keren
Anda bisa menggunakan gaya tipografi untuk membuat kartu bisnis Anda. . Pastikan untuk memilih font yang tepat yang sesuai dengan konsep Anda. Tata letak teks dan pemilihan warna yang baik bisa menciptakan kartu yang artistik.

10. Cobalah Bentuk yang Berbeda
Jika Anda menginginkan kartu nama yang unik dan berbeda dengan yang lain, jangan terpaku pada bentuk (standar) persegi panjang. Ada beberapa pilihan bentuk kartu nama lain seperti kartu persegi, lingkaran, oval, segitiga dan bentuk kustom lainnya. Anda dapat memilih bentuk sesuai dengan jenis bisnis yang Anda miliki.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Cara Desain Kartu Nama